LANGKAH MUDAH DALAM MENGERJAKAN MYOB 1.Mengaktifkan program MYOB -Start – all program – MYOB Accounting v-17 – klik kiri -Double click pada icon MYOB Accounting di layar desktop komputer 2.Mengisi identitas perusahaan -Klik create untuk membuat data perusahaan baru -Yang wajib terisi dalam identitas perusahaan adalah nama perusahaan, data lainnya bisa diisi menyusul dengan cara setup – company information. 3.Mengisi periodesasi perusahaan -Current financial year diisi tahun sesuai yang tertera pada soal -Last month diisi bulan akhir periode, biasanya Desember -Conversion month diisi bulan yang akan dikerjakan pembukuannya, apabila di soal menunjukkan neraca saldo per 30 November 2010, maka conversion month diisi Desember. -Number of period diisi twelve. Pengisian thirteen mengasumsikan bahwa bulan ke-13 adalah bulan yang khusus digunakan perusahaan untuk transaksi penyesuaian. 4.Menyimpan data yang akan dikerjakan -Setelah memilih I would like to import ….. (pilihan ke-2), simpan data yang akan dikerjakan di drive yang aman, biasanya local disk D untuk menghindari kehilangan data -Klik next, mulai masuk melalui command centre 5.Merancang Akun -Masuk ke modul Accounts – accounts list -Masukkanlah semua akun yang ada dalam neraca saldo (soal) ke dalam masing-masing kelompok akun (dari kelompok assets sampai other expense) -Akun-akun yang sudah tersedia yang bertanda (v) pada linked-nya dan tidak dibutuhkan harus di-inactive-kan dengan cara doble click pada akun tersebut - tandai pada bagian inactive account – ganti nomor kun dengan 9999 dan seterusnya – hapus nama akunnya – OK (contoh : undeposited fund pada asset)-Akun-akun tidak bertanda (v) pada linked-nya dan tidak dibutuhkan, dapat dihapus dengan cara double click pada akun tersebut – edit – delete account (contoh : payroll liabilities pada liabilities)-Akun-akun yang sudah tersedia dan dibutuhkan, cukup disesuaikan dengan soalnya. Ganti nomor akunnya sesuai yang tertera pada soal, (contoh : retained earning pada equity) -Akun-akun yang belum tersedia dapat dibuat dengan klik new – sesuaikan header/detail-nya - sesuaikan tipe akun – isi nama akun – isi nomor akun – OK (contoh : Cash In Bank) 6.Menyetting pajak -List – tax codes – new – tax code diisi PPN – tekan tab - description diisi Pajak Pertambahan Nilai – rate diisi 10% - tax collected diisi VAT Out – tax paid diisi VAT In - OK 7.Linked account -Setup – linked account – accounts , sudah diatur secara default, tidak perlu diubah. -Setup – linked account – sales account – tracking receivables diisi account receivable – Bank account diisi rekening kas yang digunakan untuk menampung piutang – 4 item di bawahnya diisi sesuai soal. Freight apabila ada pendapatan jasa angkut, deposits apabila terdapat uang muka penjualan, discount apabila ada potongan penjualan, late payment apabila ada pendapatan denda – OK -Setup – linked account – purchases account – tracking payable diisi account payable – Bank account diisi rekening kas yang digunakan untuk membayar utang – 4 item dibawahnya diisi sesuai soal. Feight apabila ada beban angkut, deposits apabila ada uang muka pembelian, discount apabila ada potongan pembelian, late payment apabila ada denda keterlambatan - OK 8.Membuat kartu piutang (customer) dan utang (supplier) -Masuk modul card file – card list – customer – new – tekan tab – isi ID – isi alamat dll sesuai soal, kecuali saldo piutang – klik selling detail – atur terminnya – OK -Masuk modul card file – card list – supplier – new – tekan tab – isi ID – isi alamat dll sesuai soal, kecuali saldo utang – klik buying detail – atur terminnya – OK -Termin COD digunakan apabila customer/supplier menggunakan termin tunai saat transaksi -Termin In a Given of Days digunakan apabila customer/supplier menggunakan syarat pembayaran missal 2/10, n/30. Discount day diisi 10, Balance due days diisi 30, %discount early payment diisi 2%. 9.Membuat kartu persediaan (merchandise inventory) -Masuk modul Inventory – item list – New – isi item number – tekan tab – isi nama – tandai I buy … dan isi dengan Cost of God Sold – tandai I sell … dan isi dengan Sales – tandai I inventory … dan tandai dengan Merchandise Inventory – klik buying detail – isi tax code …. dengan PPN – klik selling detail – isi tax code …. dengan PPN. 10.Mengisi saldo awal akun -Setup – balances – account opening balances – isi masing-masing saldo sesuai neraca saldo pada soal hingga angka amount be allocated menunjukkan angka 0. -Akun-akun yang saldo normalnya di debet tapi bernilai negative (sebaliknya), awali tanda (-) sebelum menuliskan angka saldonya (contoh : allowance for doubtful debt) -Akun-akun yang saldo normalnya di kredit tetapi bernilai sebaliknya, awali tanda (-) sebelum menuliskan angka saldonya (contoh : prive) 11.Mengsi saldo awal piutang -Setup – balances – customer balances – pilih customer pada customer detail – add sale – tekan tab – isi tanggal sesuai soal – isi memo dengan saldo awal piutang – total including tax diisi dengan saldo piutangnya – ganti tax code dengan PPN - record 12.Mengisi saldo awal utang -Setup – balances – supplier balances – pilih supplier pada supplier detail – add purchase – tekan tab – isi tanggal sesuai soal – isi memo dengan saldo awal utang – total including tax diisi dengan saldo utangnya – ganti tax code dengan PPN - record 13.Mengisi saldo awal persediaan -Masuk modul inventory – adjust inventory – isi tanggal awal periode (contoh : 1 Desember 2010) – Memo diisi saldo awal – isi item number dengan nomor/nama barang – isi quantity dengan jumlah barang sesuai soal – isi account dengan merchandise inventory – record -Gunakan tab setiap akan pindah ke kolom selanjutnya. 14.Mengerjakan transaksi -Penjualan kredit : sales – enter sales – hilangkan tanda pada tax inclusive – pilih customernya – isi tanggal transaksi - ganti layout item dengan cara klik layout, pilih item – isi ship dengan jumlah barang – isi item number dengan nama barang – isi price dengan harganya – isi freight apabila ada ongkos angkut – tekan tab – record -Penjualan tunai : sales – enter sales – hilangkan tanda pada tax inclusive – pilih customernya – isi tanggal transaksi - ganti layout item dengan cara klik layout, pilih item – isi ship dengan jumlah barang – isi item number dengan nama barang – isi price dengan harganya – isi freight apabila ada ongkos angkut – isi paid today dengan jumlah uang yang diterima (apabila tunai seluruhnya, maka isi sesuai jumlah yang ada pada balance due) – record. -Retur atas penjualan kredit :. sales – enter sales – hilangkan tanda pada tax inclusive – pilih customernya – isi tanggal transaksi - ganti layout item dengan cara klik layout, pilih item – isi ship dengan jumlah barang {awali dengan tanda (-)}– isi item number dengan nama barang – isi price dengan harganya – isi freight apabila ada ongkos angkut – tekan tab – record. Setelah direcord, klik register – klik returns & credits – klik apply to sale – isi tanggal returnya – record -Retur atas penjualan tunai : langkahnya sama seperti retur atas penjualan kredit, hanya saat masuk register – returns & credits – klik pay refund – isi tanggal retur – record. -Penerimaan piutang : sales – receive payment – isi customer – isi nomor bukti pada ID - isi tanggal pada date – isi jumlah pada amount receive – klik amount applied – tekan tab – record. -Pembelian kredit : purchase – enter purchase – hilangkan tanda pada tax inclusive – pilih customernya – isi tanggal transaksi - ganti layout item dengan cara klik layout, pilih item – isi ship dengan jumlah barang – isi item number dengan nama barang – isi price dengan harganya – isi freight apabila ada ongkos angkut – tekan tab – record -Pembelian tunai : purchase – enter purchase – hilangkan tanda pada tax inclusive – pilih customernya – isi tanggal transaksi - ganti layout item dengan cara klik layout, pilih item – isi ship dengan jumlah barang – isi item number dengan nama barang – isi price dengan harganya – isi freight apabila ada ongkos angkut – isi paid today dengan jumlah uang yang diterima (apabila tunai seluruhnya, maka isi sesuai jumlah yang ada pada balance due) – record. -Retur atas pembelian kredit : purchase – enter purchase - hilangkan tanda pada tax inclusive – pilih customernya – isi tanggal transaksi - ganti layout item dengan cara klik layout, pilih item – isi ship dengan jumlah barang {awali dengan tanda (-)}– isi item number dengan nama barang – isi price dengan harganya – isi freight apabila ada ongkos angkut – tekan tab – record. Setelah direcord, klik register – klik returns & credits – klik apply to purchase – isi tanggal returnya – record -Retur atas pembelian tunai : langkahnya sama seperti retur atas pembelian kredit, hanya saat masuk register – returns & credits – klik receive refund – isi tanggal retur – record. -Pengeluaran kas selain pelunasan utang : banking – spend money – hilangkan tanda tax inclusive – pilih jenis kas yang akan dikeluarkan pada bagian account – isi payee dengan nama pihak yang dibayar – isi nomor cek – isi tanggal – isi jumlah yang dibayar pada amount – isi acct dengan akun debitnya – isi jumlahnya pada amount – record. -Penerimaan kas selain penerimaan piutang : banking – receive money - hilangkan tanda tax inclusive – pilih jenis kas penerima pada bagian account – isi payor dengan nama pihak yang membayar – isi nomor bukti – isi tanggal – isi jumlah yang dibayar pada amount received – isi acct dengan akun kreditnya – isi jumlahnya pada amount – record. -Mencatat penyesuaian : accounts – record journal entry – isi tanggal – isi memo – isi akun debit – isi akun kredit – record. -
V
Penyesuaian untuk rekonsiliasi : banking – reconcile accounts – isi account dengan cash in bank – isi tanggal pada bank statement date – pada new statement balance isilah dengan jumlah angka yang tercatat pada calculate statement balance sehingga out of balance bernilai 0 – klik ikon bank entry – isi amount pada service charge sesuai soal – isi ID – isi tanggai – isi expense account dengan akun bank service charge – isi amount pada interest earned sesuai soal – isi ID – isi tanggal – isi income account dengan interest income – record – klik ikon sehingga setiap baris akan otomatis ditandai – klik reconcile – klik cancel-Melakukan transfer (pemindahan) kas : accounts – transfer money – isi tanggal – isi transfer money from dengan kas yang akan dipindah – isi transfer money to dengan kas yang menerima pindahan – isi amount dengan jumlah uang yang ditransfer – record 15.Menampilkan dan mencetak laporan keuangan-Menampilkan dan mencetak neraca : reports – accounts – pada balance sheet pilih standard balance sheet – display – print – pilih printer – tentukan banyak rangkap – OK -Menampilkan dan mencetak laporan laba rugi : reports – accounts – profit & lost (accrual) – display – print – pilih printer – tentukan banyak rangkap – OK -Menampilkan dan mencetak laporan arus kas : reports – banking – statement of cash flow – display – print – pilih printer – tentukan banyak rangkap – OK gimana mudah bukan?? jadi janganlah kamu menganggap sesuatu itu sulit sebelum kita mencoba untuk mempelajarinya.. :D oh ya please yaa follow my twitter : @HendraPermanaI
agak susah bacanya, tulisan di stabilo gitu..saran aja kak, cukup warna font nya aja dibedain sm warna backgroundnya biar pembaca lebih enak... btw thanks buat info nya
Thanks kak buat materinya >< membantu banget, apalagi buat ngingetin materi
BalasHapusagak susah bacanya, tulisan di stabilo gitu..saran aja kak, cukup warna font nya aja dibedain sm warna backgroundnya biar pembaca lebih enak...
BalasHapusbtw thanks buat info nya